Jumat, 18 Maret 2011

Telkom Fasilitasi Siswa Mendaftar di PTN


WATAMPONE, RB--Ini kabar baik bagi siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh wilayah Indonesia, bulan Mei mendatang. Pasalnya, untuk kedua kalinya pihak Telkom dalam hal ini speedy dengan layanan gratisnya, siap membantu siswa mendaftar secara online. Hal itu dikemukakan Asisten Manager Customer Care Telkom, Murlawa, kepada RADAR BONE, saat ditemui di kantornya, Kamis, 17 Februari, kemarin.
Dikatakannya, bagi siswa siswi yang akan mendaftar di PTN mana saja, bisa menggunakan layanan speedy untuk mendaftar di PTN, dengan mengunjungi website: http://ujian.snmptn.ac.id.
Layanan ini, tambah Murlawa, sebagai hasil kerjasama antara Telkom, Bank Mandiri dengan kementerian pendidikan nasional. "Jadi ini program Telkom pusat, kita di daerah hanya mengikuti intruksi dari pusat," urainya.
Untuk bisa mendaftar secara online, Murlawa, mengungkapkan peserta harus terlebih dahulu membayar biaya ujian sebesar Rp150 ribu untuk peserta kelompok IPA atau IPS dan Rp175 ribu untuk peserta kelompok IPC (IPA+IPS, Red). Untuk pembayarannya lewat Bank Mandiri. Setelah memperoleh resi (bukti pembayaran) yang didalamnya berisi pilihan kelompok ujian, nomor identitas, dan PIN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Setelah memperoleh PIN, lanjutnya, peserta baru bisa mendaftar secara online. Setelah memasukkan kode PIN dan identitas resmi, calon pendaftar baru bisa mengisi formulir pendaftaran secara online. Selanjutnya, formulir pendaftaran itu kemudian akan diprint dan akan menjadi bukti resmi untuk bisa ikut dalam SNMPTN tahun ini.
Hanya saja, diakuinya ada siswa yang masih sulit mendaftar secara online karena terbatasnya pengetahuan tentang teknologi informasi. Namun, ia berjanji akan mebantu siswa yang kesulitan mendaftar secara online. "Silahkan datang ke Telkom kalau ada siswa yang mau mendaftar secara online, kita akan pandu untuk mendaftar," ujarnya lagi. (tur)

Tidak ada komentar: