Senin, 07 Maret 2011

SMAN 1 Dominasi Pra Olimpiade Matematika


WATAMPONE, RB--Siswa SMAN 1 Watampone kembali mengukir prestasi gemilang. Kali ini, siswa sekolah unggulan tersebut, mendominasi juara dengan menyabet juara pertama sampai juara ketiga pra Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matemarika tingkat SMA se-Kab Bone, yang diadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA yang digelar di Laboratorium Fisika SMAN 1 Watampone, Sabtu, 5 Februari lalu. Ketiganya masing-masing Sadli Sadikin (Juara pertama), Hanna Rosalina (Juara kedua) dan Samsul Alim Bahri (Juara ketiga), ketiganya kini duduk di kelas XI IPA.
Kegiatan itu sendiri diikuti 41siswa yang berasal dari beberapa SMA yang ada di Kab Bone.
Menurut salah seorang pengurus MGMP Matematika, Drs. Bustang, kegiatan itu, untuk mengukur dan menguji kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal OSN. "MGMP ingin mengetahui kemampuan siswa kita sejauh mana mampu menyelesaikan soal-soal OSN. Apalagi dalam waktu tidak lama akan diadakan lomba OSN tingkat kabupaten dan tingkat propinsi", ujarnya.
Mereka yang terjaring sepuluh besar lanjut Bustang, akan diberikan pembinaan khusus agar mereka bersiap untuk menghadapi OSN tingkat propinsi yang persaingannya jauh lebih ketat.
Diakui Bustang, kegiatan ini kali pertamanya, bahkan baru MGMP Matematika yang melaksanakannya. Hal itu dilakukan agar siswa mampu meningkatkan kompetensi siswa. "Bukan tidak mungin, bisa dilakukan MGMP lain", jelasnya.
Hal senada dikemukakan sekertaris MGMP Matemati, Muh Yunus S Pd, selama ini siswa di kabupaten Bone, belum mampu menunjukkan tajinya di tingkat propinsi apalagi tingkat nasional. Tapi dengan kegiatan pra olimpiade itu, diharapkan siswa bisa berprestasi lebih baik lagi. "Setelah pra olimpiade ini, yang masuk sepuluh besar akan diberikan pembinaan khusus. Entah siswa yang mendatangi pembinanya atau pembinanya yang menentukan tempat pembinaan. Semua kami serahkan kepada masing-masing pendamping", urai Yunus yang juga guru SMAN 4 Watampone itu.
Salah seorang guru SMAN 1 Bengo yang mendampingi siswanya, Eriks, S Pd, mengemukakan kegiatan ini akan semakin membuat siswa matang dalam mengerjakan soal. Apalagi mata pelajaran Matematika dikategorikan pelajaran yang sulit. "Adanya kegiatan ini, menjadikan siswa bisa mengetahui kemampuan dirinya. Sehingga termotivasi untuk lebih giat belajar'', katanya.
Hanya saja, Ketua MGMP Matematika, Drs H Yuddink masih sangsi siswa di Kab Bone bisa tembus di tingkat propinsi apalagi tingkat nasional, melihat hasil pekerjaan dan tingkat persaingan yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, di Sulsel sejumlah SMA unggulan juga melakukan persiapan yang jauh lebih terorganisir.
"Berat siswa kita bisa bersaing", singkatnya.
Sebagai motivasi kepada pemenang, MGMP Matematika hari itu menyerahkan hadiah buku yang telah disiapkan salah satu penerbit yang ada di Watampone. (tur)

Tidak ada komentar: