Minggu, 17 April 2011

Pengawas Temukan Soal Bermasalah


Ketua DPRD Bone, Drs H Ambo Dalle MM,melihat kantin kejujuran SMAN 1 disela-sela pemantauan UN di sekolah itu, didampingi sekretaris dinas pendidikan, Drs H Bustan Ramli MSi.

WATAMPONE,MP--Hari pertama Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri 1, diwarnai dengan adanya soal yang bermasalah. Soal yang bermasalah itu ditenggarai karena kesalahan saat pencetakan, dimana dua lembar dalam soal tersebut sama. Setidaknya lima soal yang ditemukan bermasalah tersebut, langsung dilaporkan pengawas ruangan kepada panitia UN. Setelah dilaporkan, pihak panitia setelah berkoordinasi dengan pengawas independen dari Unhas, memerintahkan agar soal tersebut ditukar dengan soal cadangan yang sudah disiapkan


Tahun ini sendiri sebanyak lima paket soal ditambah soal cadangan akan diujikan kepada siswa SMA. Kelima paket soal itu tak satupun ada yang sama soalnya.
Sebelumnya pengawas independen dari Unhas, Prof Dr Sudirman Baso, MSc,PhD, mengingatkan kepada pengawas ruangan agar cermat dalam melakukan tugasnya. Dia berharap agar pengawas tak melakukan kesalahan yang bisa merugikan peserta UN. "Kesalahan kecil kita upayakan bisa diminimalkan, karena ini akan berdampak kepada anak didik kita," ucapnya.
Selain itu dia juga berharap agar pengawas juga melakukan pemeriksaan terhadap biodata peserta karena hal itu juga akan sangat berdampak kepada kelulusan siswa.
Sementara di tempat yang sama, ketua DPRD Bone, Drs H Ambo Dalle, MM, didampingi sekretaris dinas pendidikan, Drs H Bustan Ramli, MSi, melakukan pemantauan jalannya UN di SMAN 1 dan sejumlah sekolah. Dalam pemantauannya, Ambo Dalle, nampak memasuki ruangan untuk memberikan semangat kepada peserta UN. (tur)

Tidak ada komentar: